Alkisah si Laptop Kesayangan yang Cacat: sebuah pelajaran

Laptop kesayangan

Buat temen-temen yang mengikuti blog atau kenal saya pasti tahu, menulis adalah salah satu coping mechanism saya. Nah, kali ini saya perlu coping untuk tragedi yang saya alami sekitar 2 minggu lalu. Saya pingin curhat tentang si laptop kesayangan, siapa tahu menjadi pelajaran.

*disclaimer: tulisan ini adalah pengalaman pribadi, tidak bermaksud mendiskreditkan merek tertentu.

Laptop tanpa konektivitas di jaman now = sulit!

2 minggu yang lalu di ketika sedang bekerja secara online dengan si laptop kesayangan, tiba-tiba "PETT"  jaringan internet saya mati. Karena sedang buru-buru harus mengirim pekerjaan, saya langsung ganti laptop sambil berpikir, "diistirahatin bentar nanti juga baik lagi ni laptop". 

Ternyata takdir berkata lain. Ketika malam hari saya kembali menggunakan laptop itu, ternyata tidak hanya wifi mati, bluetooth laptop saya juga mati! Langsung deh feeling ngga enak.

Kerja pake laptop yang wifi dan bluetooth-nya mati jaman sekarang? Ampass lah rasanya. Semisal kita WFH, tentu kita perlu terkoneksi ke jaringan internet, yang makin kesini semuanya makin nirkabel. Ketika butuh pake device pembantu, seperti speaker, printer, juga butuh konektivitas nirkabel, misalnya dengan bluetooth. 

Karena saya banyak bekerja dengan handphone dan laptop, ketika kehilangan kemampuan untuk transfer data cepat dari hape menggunakan fasilitas airdrop, rasanya pekerjaan jadi semakin lambat dikerjakan. Apalagi laptop saya hanya dilengkapi port USB type C, sehingga transfer data atau aksesoris dengan kabel kadang jadi rempong karena saya baru sadar kalo ngga punya converter USB nya (karena terlalu mengandalkan konektivitas nirkabel pastinya).  

Belum lagi kalau harus kesana kemari bawa kabel-kabel dan converter yang pastinya membuat semakin tidak praktis. 

Ketika laptop jaman now rusak di dalam = the end is near

Segeralah saya bawa laptop kesayangan ini ke service center paling trusted se-Jogja, karena tau sendiri, ngga ada gerai service center resmi buat Apple di Indonesia. Sambil saya berdoa, hanya masalah software. 

Setelah diperiksa, ternyata masalahnya bukan di software atau system, melainkan di hardware. HARDWARE. Untuk para pemilik apel kroak jaman now pasti tau artinya kerusakan hardware. It means, kita ngga bisa memperbaiki tanpa beresiko merusak komponen lain. 

Gini penjelasan mas service-nya

"Macbook keluaran diatas tahun 2017 IC chip-nya built in pada motherboardnya. Jadi ngga bisa diganti begitu saja. IC chip untuk wifi dan bluetooth ini jadi satu dan terdiri dari ratusan chip kecil yang berhubungan dengan fungsi lain, termasuk prosesor. Resiko terburuk, kalo chipnya gagal diperbaiki dan ternyata itu nyambung ke prosesor, laptopnya bisa nge-blank"

Kurang lebih kayak gitu kesimpulan yang saya tangkep (saya ngga ngerti-ngerti banget perihal mesin laptop sih). Dari diskusi dengan mas service, solusinya ada 3: mencoba memperbaiki chip dengan resiko laptop nge-blank (biaya max 1,5 jutaan), ganti motherboard-nya sekalian (sekitar 7-8 juta, tanpa resiko), atau beradaptasi hidup dengan dongle wifi dan bluetooth (biaya paling murah, tapi tidak praktis).

Setelah diskusi dengan suami dan cari info di internet, akhirnya saya memilih opsi ketiga. Menurut suami, opsi 1 dan 2 tidak worth. Tapi ternyata opsi ketiga juga sangat rumit. Nanti akan saya jelaskan.

Beli laptop baru ternyata belum tentu menjamin kelanggengan, tergantung pemakaian kita

Namanya beli laptop baru tentu ekspektasinya si laptop akan berumur panjang, ya paling ngga 5 tahun lah. Saya pernah beli macbook air second yang itu umurnya sudah 10 tahun sekarang dan masih oke. 

Laptop pribadi saya dulu merk HP yang saya beli baru seharga 3 juta saja (tahun 2013an) itu walaupun lola, tapi dia bertahan setidaknya 5 tahun sampai akhirnya saya memutuskan berpindah ke laptop lain tahun 2018.

Laptop yang bermasalah ini dibeli awal tahun 2018. Umurnya sampai hari ini baru 2 tahun 8 bulan, tapi sudah "cacat". Padahal laptop ini dibeli baru langsung dari toko resminya (setelah galau selama kurang lebih satu tahun). 

Akhirnya saya relakan tabungan saya terkuras buat beli laptop ini karena saya percaya laptop ini lebih tahan banting, mengingat seri macbook air sebelumnya tahan banting sampe 10 tahun. Dan saya suka applikasi kreatifnya yang user interface-nya sederhana dan mudah digunakan seperti iMovie, Garage Band, Final Cut Pro.

Laptop ini tidak pernah jatuh (karena saya jaga bangetttt). Jarang dipake juga karena pekerjaan utama saya lebih enak dikerjakan di laptop berbasis windows. Seminggu di pake hanya 3-4 hari untuk creative work. Dan ternyata creative work itulah penyebabnya.

Proses rendering video ternyata sangat berat dan sering menyebabkan laptop overheat, kata si mas service. Padahal 80% pekerjaan yang saya kerjakan di laptop ini ada hubungannya dengan video. Walaupun jarang dipake, tapi kalo sekalinya dipake langsung digeber seperti itu, ya keok lah lama-lama. Seperti saya.

Saran mas service adalah untuk mengerjakan proses rendering di ruang yang dingin/ber-AC untuk mengurangi panas si laptop. Berhubung di Indonesia kamar saya ngga pake AC, ya mo gimana lagi yaaaa

Sebagai alternatif sekarang saya beli meja laptop berkipas untuk membantu "meniup" laptop saya supaya cepat padam panas-nya. Dan sekarang saya pun lebih berhati-hati dan lebih sabar waktu mengedit video, untuk menghindari beban yang terlalu berat di laptop.

Meja plastik pendek buat kerja diatas kasur. Mejanya bisa ditinggikan dibagian laptopnya dan ada kipas mungil di bawahnya buat nyemprot bokong laptop. Tujuan utamanya meja buat kerja diatas kasur sih. Lumayan bonus kipas mungil. Mejanya bisa dilipet juga jadi kecil. Belinya? Online donk tentu sajaa


Bertahan dengan dongle wifi dan bluetooth pun rumit

Macbook ini sepertinya didesain untuk "enggak boleh sampe rusak". Karena berbeda dengan laptop berbasis windows yang punya banyak aksesoris yang bisa menggantikan fungsi fasilitas laptop secara langsung, bahkan semudah plug and play, sementara di Macbook ngga begitu.

Selain port type C yang irit banget cuma dua biji (yang bikin kita harus beli multiport dongle biar bisa colok banyak aksesoris), ternyata banyak aksesoris yang support windows, tapi ngga support dengan Mac OS. Saya sudah menelusuri internet sampai akhirnya saya memilih merk TP Link untuk wifi dongle. 

Untuk bisa menggunakan wifi dongle ini saja saya harus memilih untuk downgrade OS atau dengan "menjebol" OS Big Sur supaya driver si dongle bisa digunakan. Sebab si wifi dongle ini seolah-olah tidak didesain untuk menjadi replacement-nya produk apel kroak.

Driver bluetooth? Sampe sekarang saya belum menemukan yang bisa digunakan di laptop saya. Bluetooth dongle yang ada banyak yang hanya kompatibel dengan OS X, itu pun harus menginstall driver tertentu. Jadi mau ga mau bergantung dengan internet dulu sementara, dan downgrade OS. Untungnya kabel LAN bisa langsung plug and play tanpa melihat OS-nya apa. 

Kebayang kan rempongnya menggantikan fungsi wifi dan bluetooth? Sedangkan untuk laptop windows, aksesoris yang bisa mensupport ada banyak dan rata-rata plug and play. 

Bertahan dengan aksesoris tambahan. Terutama wifi dongle ini. Harus dibawa kemana-mana

Awalnya saya sangat dongkol dengan peristiwa ini. Pingin langsung dijual apa digadaikan aja ini laptop. Tapi keinget dulu proses nabung dan galau sebelum beli, jadi ngga tega. Apalagi inget ni laptop udah bantu-bantu bikin puluhan video YouTube yang bikin saya senyum-senyum sendiri tiap nonton ulang video-nya.

Apa lagi laptop ini dulu juga pernah bantu saya bikin video event international yang akhirnya bikin saya "dibayar" dengan (cukup) profesional juga. Akhirnya saya pilih bertahan dengan dongle, pilihan yang paling murah dan less risk. Walaupun agak rempong harus siap dongle dimanapun berada.

Dari pengalaman ini, ada beberapa pelajaran yang bisa saya petik.

Pelajaran yang bisa dipetik

1. Laptop mahal itu ngga cuma soal belinya, tapi juga soal maintenance-nya, dan juga soal repair&service. Ternyata kalo laptop apel kroak ini rusak, kita ngga punya duit buat repair, ya sulit juga. Kita punya duit tapi ngga ada pusat service resmi di negara kita juga agak ngeri juga sebenernya.

Aksesoris pun juga begitu. Produk apel kroak ini emang eksklusif sekali, jadi nyari aksesoris untuk memperbaiki fasilitas yang hilang juga sulit-sulit-gampang.

Pesan saya, gunakanlah laptopmu dengan bijaksana yak. Ngga peduli ketangguhan yang ditawarkan, laptop tetaplah mesin yang suatu saat bisa rusak.

2.  Render Video adalah pekerjaan berat buat si laptop sama beratnya kayak maen game. Mending pake PC sih. Kalo ngga bisa ya at least kita harus sabar, pelan-pelan, hati-hati banget makenya. Jangan lupa dikondisikan ruangan kita supaya ngga bikin laptop makin panas.

Apalagi kualitas video jaman sekarang udah makin tinggi resolusinya. Makin berat untuk diedit-edit. Makin berat untuk di render juga. Jadi emang harus hati-hati.

3. Kalau bulan-bulan awal beli laptop sudah ada trouble, itu adalah warning sign. Jujur aja saya beli laptop ini karena waktu itu ada sale sih. Bulan pertama sudah ada trouble dengan wake&sleep system, tapi terus di benerin sama Apple support (karena waktu itu di Jepang) dan udah beres.

Kedua kalinya sempet curiga fan bermasalah karena laptop cepet panas dan kadang kalo masuk mode sleep, fan-nya tetep ngga mati. Sama Apple support disarankan utk re-install OS (baru bulan awal pake apel kroak saya udah pinter install ulang, bro!), dan akhirnya masalah beres.

Sebenernya waktu itu masih bisa untuk tuker dengan barang yang baru kalau masalah belum beres, tapi saya pilih ngga tuker, karena kalo tuker diskon-nya ilang. Hahaha. Setelah dipikir-pikir itu warning sign banget yak. Ngga heran sekarang jadi begini.

4. Bukan berarti laptop ini jelek, tapi barang defek itu selalu ada. Mungkin ini cuma apesnya saya aja, dapet laptop yang rewel. 

Yang jelas suami saya berpesan, barang apapun suatu hari akan rusak. Jadi jangan terlalu berharap akan selamanya. Selalu siap untuk yang terburuk. Dan jangan terlalu sedih kalau itu terjadi pada kita.

5. Upgrade ke OS terbaru tidak selalu memecahkan masalah. Dalam kasus saya sih jadinya lebih aman stay di Mojave atau Catalina. Big Sur terlalu canggih untuk bisa diakalin dengan aksesoris tambahan.

Segitu aja curcol kali ini. Tidak bermaksud mendiskreditkan merek tertentu, sekedar berbagi pengalaman aja. Semoga bisa menjadi pembelajaran agar tidak terjadi dengan teman-teman. 

Kalau saya disuruh memilih, untuk pekerjaan kreatif, saya akan tetep pilih yang user interfacenya enak lah. Hehehe. Meskipun ada barang ada rupa!


Posting Komentar

0 Komentar