Mi Smart Body Composition Scale 2: Timbangan buat gaya hidup sehat!

Mi smart body composition scale 2

Tenang, blogpost ini bukan endorse, content placement, dan semacamnya. Blogpost ini saya tulis murni karena se-excited itu saya sama si Mi Smart Scale 2! Kenapa se-excited itu? Karena Mi Smart Scale 2 ini membantu saya buat makin semangat menerapkan gaya hidup sehat. Ngga percaya?

Udah jadi kebiasaan buat saya dan suami untuk menimbang badan setiap hari. Bukan karena kami diet atau terobsesi ama berat badan ideal, tapi kami memonitor komposisi tubuh kami. Karena komposisi tubuh seperti body fat, muscle weight, basal metabolism sedikit banyak menggambarkan kesehatan tubuh secara tidak langsung.

Timbangan dengan body composition merk TANITA yang kami pakai di Jepang

Sayangnya, timbangan-timbangan yang membaca komposisi tubuh tubuh itu harganya cukup mahal. Ada juga yang menawarkan fasilitas sama dengan harga yang murah banget, tapi kualiatasnya ngga jelas. Sampai akhirnya saya ketemu Mi Smart Scale 2 ini.

Apa itu Mi Smart Scale 2?

Ini adalah timbangan digital keluaran Xiaomi. Mi Smart Scale series ini sendiri punya 2 tipe (jangan sampai salah ya), yang satunya adalah Mi Smart "Weight" Scale dan Body Composition Scale. Bedanya, sesuai namanya, Body Composition Scale punya fitur komposisi tubuh, sementara Weight Scale hanya timbangan saja.

Mi smart scale 2
Mi Smart Body Composition Scale 2

Timbangan ini menggunakan 4 baterai AAA untuk pengoperasiannya. Ngga pake tombol on/off, jadi dia otomatis akan menyala dan mengukur ketika kita naik ke atas timbangannya (kalo Tanita ada tombol on/off-nya)

Kenapa memilih Mi Smart Scale 2?

Terjangkau dari segi harga

Tau ngga sih berpa harga rata-rata timbangan dengan fitur komposisi tubuh? Paling ngga 1,5 jutaan buat yang akurasinya bagus dan awet misalnya merek Omron atau Tanita, seperti yang saya dan suami pakai di Jepang (biasanya gym juga pake merk ini). Di Jepang sendiri timbangan seperti ini harganya memang mahal sih, jadi ya harga 1,5-2 jutaan rupiah itu wajar.

Harga si Mi Smart Scale 2? Cuma antara 240-250 ribu saja (tergantung toko). Saya sendiri ordernya melalui Tokopedia (mumpung ada voucher ongkir hehehe) dan karena males juga harus ke toko apalagi di era pandemi seperti ini. Walau sampainya agak lama, tapi barang diterima dengan kondisi baik.

Sebenernya sekarang ada banyak banget digital scale yang mengaku punya fitur komposisi tubuh juga, ada yang harganya murah juga, tapi saya memilih timbangan ini karena alasan yang akan saya jelaskan di poin ketiga.

Fitur body composition yang lengkap

Walau harganya seperdelapan timbangan Tanita yang saya pakai di Jepang, tapi fitur yang dimiliki Mi Smart Scale 2 ini sama lengkapnya. Mulai dari fitur muscle weight, body fat, water percentage, basal metabolism, bone mass, visceral fat, dan body age, mirip banget sama si Tanita kesayangan.

Parameter body composition dalam Mi Smart Scale 2

Menurut review para ahli, fitur komposisi tubuh ini memang tidak se akurat timbangan-timbangan top di lininya seperti si Tanita itu. Tapi pengukurannya sendiri cukup stabil, jadi bisa digunakan untuk melihat PROGRES kita.

Selain itu, timbangan ini juga dilengkapi dengan fitur body balance dimana kita bisa mengukur seberapa lama kita bisa mempertahankan keseimbangan kita diatas timbangan. 

Mi Smart Scale 2 yang terintregasi dengan aplikasi Mi Fit 

Kebetulan saya pemakai Mi Band juga, jadi udah lama pake app Mi Fit. Nah, si scale ini juga bisa diintegrasikan dengan aplikasi Mi Fit ini. Jadilah aktivitas fisik dan outcome-nya berupa perubahan komposisi tubuh bisa direkam dalam satu aplikasi. Praktis.

Desain yang modern dan futuristik

Saya akui, dibanding si Tanita, desain Mi Smart Scale 2 ini sangat elegan dan moder. Bentuknya yang ramping, warna putih, dengan display yang tersembunyi bikin semakin kelihatan futuristik. Berhubung saya mau sok-sokan minimalism, model Mi Smart Scale 2 ini cocok banget buat tema itu.

mi smart scale 2 review
Desain yang simpel, minimalis, dan futuristik


Apa kekurangannya?

Buat yang ngga suka produk China dan ngga suka data-datanya di masukkin ke aplikasi Mi Fit, kayanya ngga cocok sama produk ini. Karena produk ini bener-bener bergantung pada aplikasi Mi Fit untuk bisa menyajikan data-data komposisi tubuh, beda dengan Tanita yang bisa menyimpan data di timbangan dan ngga bergantung dengan aplikasi.

Sayangnya, karena data komposisi tubuh di display melalui aplikasi Mi Fit, di timbangan sendiri hanya akan men-display berat badan kita saja. Jadi kalo mau main timbang-timbangan sama temen, harus ada satu HP yang sudah diinstal aplikasi Mi Fit ini. 

Display berat badan ada di timbangan, lainnya bisa dilihat di aplikasi


Pendapat saya  

Buat orang kaya saya yang suka sama hal-hal yang multifungsi dan integrated, Mi Smart Scale 2 ini beyond my expectations! Karena saya udah lama pake Mi Fit, ide mengintegrasikan rekaman aktivitas fisik dari si Mi Band dengan komposisi tubuh dari Mi Smart Scale 2 ini jadi ide yang brilian.

Kebetulan saya sekarang lagi seneng-senengnya meningkatkan aktivitas fisik dengan olahraga dan jalan dengan target 8000 steps/day. Dengan adanya Mi Fit dan Mi Smart Scale 2 ini saya jadi bisa lebih mudah memantau progres dan outcome dari aktivitas fisik saya. 

Aktivitas fisik, jumlah langkah sehari, sampai ke body composition jadi satu


Dan, jujur aja, melihat progres komposisi tubuh bikin jadi semakin semangat untuk meningkatkan aktivitas fisik! Jadi merasa seperti melihat kemajuan disitu. So exciting!

Meskipun banyak review yang menyangsikan ke-akuratan pengukuran si timbangan ini, tapi buat saya pribadi, pengukurannya ngga terlalu banyak meleset. Body fat saya yang biasanya di level 29-30% dan body age yang selalu di angka 31-32 juga masih disitu hehe. Berat badan saya juga sama jika diukur dengan 2 timbangan berbeda. 

Dengan adanya si Mi Fit, Mi Band, dan Mi Smart Scale 2 ini, saya jadi lebih semangat buat meningkatkan aktivitas tubuh, menurunkan body fat sampe ke level 25% dan meningkatkan muscle weight. Muluk ya? Hahaha. Yah paling ngga pingin bisa balik se-aktif dan selincah jaman masih jadi dancer K-Pop dulu.

Buat yang sedang diet atau menjalani gaya hidup dan pingin lebih memonitor kondisi tubuh, Mi Smart Scale 2 ini bisa menjadi pilihan yang menarik dan hemat!

Ayo hidup lebih sehat!


Posting Komentar

0 Komentar